Wednesday 18 November 2015

Contoh Judul Penelitian dan Pengembangan (R&D)

Penelitian R&D yang baik berawal dari adanya masalah atau potensi. Peneliti R&D yang peka akan menjadikan masalah atau potensi sebagai dasar untuk menciptakan produk. Produk yang dihasilkan dari penelitian R&D telah mengalami berbagai ujicoba dan revisi perbaikan dan penyempurnaan. sehingga produk hasil penelitian R&D dapat diandalkan yang berguna untuk mengatasi permasalahan atau mengoptimalkan potensi. 

Kepekaan peneliti R&D dalam mengumpulkan informasi menjadi dasar yang kuat untuk mengetahui masalah atau potensi dengan jelas. Data informasi yang terkumpul menjadi dasar untuk mendesain produk. Bila peneliti telah membuat desain, langkah selanjutnya adalah melakukan validasi atau menilai rancangan. Hasil penilaian menjadi dasar perbaikan desain yang selanjutnya diujicobakan. Peneliti R&D menindaklanjuti hasil ujicoba dengan melakukan perbaikan. Siklus ujicoba dan perbaikan berlangsung sampai produk dipastikan efektif untuk mengatasi masalah atau untuk mengoptimalkan potensi. Ujicoba pemakaian dilanjutkan pada ruang lingkup yang lebih luas sebelum produk siap diproduksi masal.

Nah, masalah atau potensi apa saja yang dapat dijadikan dasar pembuatan judul penelitian research and developmen (R&D). Mengacu pada pendapat Sugiyono, saya akan bagikan contoh-contoh judul penelitian R&D khususnya di bidang pendidikan. Judul penelitian R&D yang baik adalah mencerminkan produk yang akan dihasilkan. Di bawah ini adalah contoh judul penelitian R&D
1. Pengembangan pola pembelajaran teknologi bagi anak-anak berkebutuhan khusus.
2. Pengembangan media pembelajaran berbasis bahan bekas
3. Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer
4. Pengembangan sistem pembelajaran Pendidikan Agama Buddha yang menyenangkan peserta didik
5. Pola pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Buddha berbasis sejarah perkembangan agama
6. Penyusunan buku ajar Pendidikan Agama Buddha berbasis kearifan lokal
8. Pengembangan model pendidikan guru yang beroreintasi pada kecerdasan emosional
9. Pengembangan alat kendali mutu pendidikan berbasis ajaran agama
10. Pengembangan pembelajaran dengan mendayagunakan anak yang cerdas di kelas

Di atas ada 10 contoh judul penelitian R&D di bidang pendidikan yang dapat kita coba lakukan di lingkungan pendidikan masing-masing. Judul-judul penelitian di atas sifatnya hanya referensi, anda dapat membuat judul lain yang sesuai dengan masalah dan potensi yang ada di lingkungan pendidikan masing-masing. Dari penelitian yang anda lakukan semoga tercipta produk berkualitas yang mampu mengatasi permasalahan dan siap untuk diproduksi masal atau yang mampu mengoptimalkan potensi sehingga bisa digunakan di berbagai lingkungan pendidikan lainnya. Selamat melakukan penelitian R&D.


Sumber referensi:
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Halaman: 407 - 430.