Thursday, 7 May 2015

Metode Penelitian Eksperimen: True Experimental Design

True-experimental design merupakan metode penelitian atau riset yang betul-betul eksperimen karena peneliti dapat mengontrol semua variabel yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Hal ini sangat berbeda dengan model Pre-Experimental Designs yang masih memungkinkan adanya pengaruh variabel luar dan peneliti tidak mampu mengontrol. Sampel dari penelitian true-experimental designs diambil dari kelompok tertentu secara random. Antara kelompok perlakuan dan kontrol diambil secara random. Dengan adanya kemampuan peneliti untuk mengontorl semua variabel yang mempengaruhi maka validitas internal desain penelitian ini tinggi. Ada dua macam penelitian true-experimental design, yaitu Posstest Only Control Design dan Pretest Group Design.

Posttest Only Control Design

Paradigma dari penelitian desain ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
R   X   O2
R   X   O4
Penjelasannya adalah sebagai berikut: ada dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Lalu kelompok pertama diberikan perlakuan atau treatment, sedangkan kelompok lain tidak diberikan perlakuan. Kelompok yang mendapatkan perlakuan disebut kelompok eskperimen, sedangkan kelompok yang tidak mendapat perlakuan disebut kelompok kontrol. Pengaruh atau tidaknya suatu perlakuan dapat diketahui dengan cara (O1 : O2) dan dianalisis dengan uji beda menggunakan statistik t-test. Perlakuan dapat dikatakan berpengaruh secara signifikan jika terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Pretest-Posttest Control Group Design

Paradigma dari penelitian desain ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
R    O1  X   O2
R    O2  X   O4
Penjelasannya adalah sebagai berikut: ada dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random, kemudian diberikan pretest. Pretest dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Pretest yang baik adalah hasilnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok perlakukan dengan kelompok kontrol.  Pengaruh Perlakuan dapat diketahui dengan cara (O2  - O1) - (O4  - O2).


sumber:
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; halaman: 112 - 113