Thursday 19 November 2015

Penelitian Agama Buddha: Implementasi Nilai-Nilai Moralitas (Sīla) Dalam Kitab Suci Dhammapada Terhadap Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Tugas Guru Pendidikan Agama Buddha

ABSTRAK
Sugianto. 2012. Implementasi Nilai-Nilai Moralitas (Sīla) Dalam Kitab Suci Dhammapada Terhadap Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Tugas Guru Pendidikan Agama Buddha. Penelitian Individu Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.

Kata kunci: Moralitas, Dhammapada, Guru Pendidikan Agama Buddha.

Idealnya guru pendidikan agama Buddha memiliki moral yang baik, meneladani sifat luhur Buddha Gotama. Moralitas akan mengarahkan guru untuk memutuskan tindakan yang benar maupun yang salah. Nilai yang sewajarnya akan menumbuhkan sikap sopan santun dan beretiket. Membentuk pergaulan atau hubungan guru menjadi  beradab ditandai dengan kemampuan melaksanakan tugas sesuai dengan standar kompetensi. Upaya meningkatkan standar kompetensi guru pendidikan agama Buddha telah dilakukan dengan pembinaan dari pemerintah atau organisasi profesi. Namun pada kenyataanya, masih ada guru yang kurang menyadari peran nilai-nilai moralitas dalam suatu profesi. Oleh karena itu, diperlukan motivasi instrinsik berupa penanaman nili-nilai moral untuk membentuk kualitas batin guru yang luhur. Kajian terhadap nilai-nilai moral yang bersumber dari Tipitaka (Dhammapada) dilakukan agar nilai-nilai moralitas itu menjadi sumber motivasi instrinsik bagi guru dalam menjalankan tugasnya sesuai moralitas.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah library research. Ciri-ciri dari penelitian kajian perpustakaan antara lain: (1) Peneliti berhadapan langsung dengan naskah teks (Nash) atau data angka dan bukan dengan pengetahuan dari saksi mata atau orang lain di lapangan, (2) data pustaka bersifat siap pakai (Ready made) sehingga peneliti hanya berhadapan dengan sumber yang sudah tersedia di perpustakaan, (3) data pustaka umumnya berupa data sekunder yang diperoleh dari tangan kedua, (4) kondisi pustaka tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, jadi data tetap atau statik (Zed, 2004:4-5). Langkah-langkah penelitian yaitu menyiapkan alat perlengkapan yang diperlukan, menyusun bibliografi kerja, membaca dan membuat catatan penelitian, dan menganalisis. Analisis dilakukan dengan cara melakukan kritik ekstern dan kritik intern.
Hasil penelitian ini berupa analisis terhadap nilai-nilai moralitas kitab Dhammapada sebagai pedoman tugas guru pendidikan agama Buddha. Nilai-nilai moralitas itu dijadikan rujukan bagi guru pendidikan agama Buddha dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan empat standar kompetensi guru, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Meskipun kajian ini belum mendalam, namun dapat dijadikan stimulus atau rangsangan bagi guru pendidikan agama Buddha untuk lebih mengoptimalkan penggunaan kitab Dhammapada. Syair-syair Dhammapada yang tersusun dengan kata-kata yang indah layak dijadikan bacaan harian oleh guru. Sehingga dengan cara demikian guru bertugas secara lebih baik. 

No comments:

Post a Comment