ABSTRAK
Sugianto. 2012. Implementasi
Nilai-Nilai Moralitas (Sīla) Dalam Kitab Suci Dhammapada Terhadap Peningkatan
Kualitas Pelaksanaan Tugas Guru Pendidikan Agama Buddha. Penelitian Individu
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.
Kata kunci: Moralitas,
Dhammapada, Guru Pendidikan Agama Buddha.
Idealnya
guru pendidikan agama Buddha memiliki moral yang baik, meneladani sifat luhur
Buddha Gotama. Moralitas akan mengarahkan guru untuk memutuskan tindakan yang
benar maupun yang salah. Nilai yang sewajarnya akan menumbuhkan sikap sopan
santun dan beretiket. Membentuk pergaulan atau hubungan guru menjadi beradab ditandai dengan kemampuan
melaksanakan tugas sesuai dengan standar kompetensi. Upaya meningkatkan standar
kompetensi guru pendidikan agama Buddha telah dilakukan dengan pembinaan dari
pemerintah atau organisasi profesi. Namun pada kenyataanya, masih ada guru yang
kurang menyadari peran nilai-nilai moralitas dalam suatu profesi. Oleh karena
itu, diperlukan motivasi instrinsik berupa penanaman nili-nilai moral untuk
membentuk kualitas batin guru yang luhur. Kajian terhadap nilai-nilai moral
yang bersumber dari Tipitaka (Dhammapada) dilakukan agar nilai-nilai moralitas
itu menjadi sumber motivasi instrinsik bagi guru dalam menjalankan tugasnya
sesuai moralitas.
Jenis
penelitian yang digunakan ini adalah library research. Ciri-ciri dari
penelitian kajian perpustakaan antara lain: (1) Peneliti berhadapan langsung
dengan naskah teks (Nash) atau data angka dan bukan dengan pengetahuan dari
saksi mata atau orang lain di lapangan, (2) data pustaka bersifat siap pakai
(Ready made) sehingga peneliti hanya berhadapan dengan sumber yang sudah
tersedia di perpustakaan, (3) data pustaka umumnya berupa data sekunder yang
diperoleh dari tangan kedua, (4) kondisi pustaka tidak dibatasi oleh ruang dan
waktu, jadi data tetap atau statik (Zed, 2004:4-5). Langkah-langkah penelitian
yaitu menyiapkan alat perlengkapan yang diperlukan, menyusun bibliografi kerja,
membaca dan membuat catatan penelitian, dan menganalisis. Analisis dilakukan
dengan cara melakukan kritik ekstern dan kritik intern.
Hasil
penelitian ini berupa analisis terhadap nilai-nilai moralitas kitab Dhammapada
sebagai pedoman tugas guru pendidikan agama Buddha. Nilai-nilai moralitas itu
dijadikan rujukan bagi guru pendidikan agama Buddha dalam melaksanakan tugasnya
sesuai dengan empat standar kompetensi guru, yaitu: kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Meskipun
kajian ini belum mendalam, namun dapat dijadikan stimulus atau rangsangan bagi
guru pendidikan agama Buddha untuk lebih mengoptimalkan penggunaan kitab
Dhammapada. Syair-syair Dhammapada yang tersusun dengan kata-kata yang indah
layak dijadikan bacaan harian oleh guru. Sehingga dengan cara demikian guru
bertugas secara lebih baik.
No comments:
Post a Comment