Tuesday 21 July 2015

Cara Mengumpulkan Data Penelitian Kualitatif

Kali ini akan dijelaskan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Saya sengaja bagikan info ini kepada pembaca karena saya sadar bahwa pengetahuan akan teknik pengumpulan data menjadi salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh peneliti atau periset kualitatif. Mengumpulkan data pada penelitian kualitatif memiliki peran penting dalam menentukan mutu hasil penelitian. Oleh karena itu, peneliti kualitatif yang mengerti teknik pengumpulan data akan dapat mengumpulkan data penelitian sesuai fokus yang dijadikan penelitian.

Pengumpulan data dilakukan pada kondisi yang alamiah atau apa adanya. Peneliti tidak melakukan perlakuan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu yang langsung memberikan data pada peneliti atau pengumpul data. Teknik atau cara yang lebih umum digunakan dalam penelitian kualitatif adalah dengan observasi berperan serta (participan observation), wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. 

Penjelasan secara mendetail tentang teknik pengumpulan data penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dapat anda temukan dalam pembahasan selanjutnya. 

Terima kasih atas kunjungan anda semoga informasi tentang teknik pengumpulan data penelitian kualitatif ini dapat membantu anda.


Sumber: 
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Halaman: 308 - 109

No comments:

Post a Comment