Monday 6 April 2015

Jenis-Jenis Penelitian

Keinginan untuk meneliti sering muncul. Namun keinginan itu begitu cepat tenggelam karena kebingungan yang muncul akan jenis penelitian yang akan dipilh. Tidak mudah untuk menentukan jenis penelitian yang  tepat dengan obyek penelitian. Apalagi jika kita tidak memahami jenis-jenis penelitian yang ada. Alih alih melakukan penelitian, keinginan meneliti malah hilang seiring dengan kebingungan yang melanda. Oleh karena itu, demi membantu saudara menentukan jenis penelitian yang tepat, pada kesempatan ini saya mau berbagai pengetahuan tentang jenis-jenis penelitian.

Saya mempelajari materi ini dari buku yang telah disusun oleh Prof. Dr. Sugiyono yaitu Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Semoga berguna untuk dijadikan pilihan dalam menentukan jenis penelitian saudara. Jenis-jenis penelitian dapat dikelompokkan berdasarkan bidang, tujuan, metode, tingkat ekplanasi, dan waktu.

Bidang

Berdasarkan bidang penelitian, ada yang disebut penelitian akademis, profesional, dan institusional. Penelitian akademis dilakukan oleh mahasiswa dalam membuat skripsi, tesis atau desertasi. Penelitian ini menjadi bagian dari sarana edukasi yang lebih mementingkan validitas internal yaitu cara melakukannya harus betul. Penelitian Profesional dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai peneliti, termasuk dosen yang salah satu tugas utamanya adalah melakukan penelitian. Tujuan peneliti profesional adalah mendapatkan pengetahuan baru. Ciri lainnya adalah variabel lengkap, analisis canggih, dilakukan dengan cara yang betul dan berguna bagi masyarakat. Penelitian institusional adalah penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi guna pengembangan lembaga, untuk pengambilan keputusan pimpinan. Hasilnya menekankan pada validitas eksternal (kegunaan), variabel lengkap, dan analisis canggih.

Metode

Berdasarkan metode yang digunakan, penelitian dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu: survey, expostfacto, eksperimen, naturalistik, policy reasearh, action research, evaluasi, sejarah, R&D. Metode survey digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah atau bukan buatan, tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data dengan cara mengedarkan angket, test, wawancara tersetruktur. Metode penelitian eksperimen digunakan untuk mencari pengaruh treatment atau  perlakukan tertentu. Metode penelitian naturalistik digunakan untuk meneliti pada tempat yang alamiah, peneliti tidak membuat perlakuan, karena peneliti dalam mengumpulkan data berdasarkan pandangan sumber data.

Tingkat eksplanasi

Penelitian deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan data-data yang terkumpul.
Penelitian komparatif yaitu dengan cara membandingkan data-data yang terkumpul sesuai tujuan penelitian,
Penelitian asosiatif yaitu dengan cara menghubungkan data-data yang terkumpul

Waktu

Cross sectional
Longitudinal


sumber:
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfa Beta