Saturday 11 April 2015

Kompetensi Peneliti Kuantitatif dan Kualitatif

Bidang pendidikan tidak dapat dilepaskan dari penelitian. Berbagai masalah yang ada di dunia pendidikan perlu ditemukan solusinya melalui penelitian pendidikan. Selain itu, fenomena-fenomena khas di bidang pendidikan juga perlu diteliti agar dapat dipahami dengan baik. Untuk mendapatkan data yang ilmiah,  penelitian di bidang pendidikan dilakukan. Agar proses dan hasil penelitian pendidikan berkualitas, dibutuhkan kompetensi peneliti yang handal. Peneliti bidang pendidikan harus memiliki kompetensi sesuai dengan bidang dan metode yang diteliti.

Bagi yang baru mengawali kegiatan penelitian mungkin masih bingung dengan metode penelitian yang akan dilakukan. Alangkah baiknya Anda mengetahui kompetensi atau kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh seorang peneliti sesuai dengan metode yang akan dilakukan. Ada beragam metode penelitian, namun pada umumnya yang sering dipakai adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Ada perbedaan kompetensi antara peneliti kuantitatif dan kualitatif. Anda tidak salah membaca tulisan ini. Sumber tulisan ini tidak perlu diragukan. 

Anda kenal Prof. Dr. Sugiyono bukan? Karya Beliau sangat banyak, salah satunya adalah menyusun buku Metode Penelitian Pendidikan. Dari sumber buku tersebut, saya bagikan materi tentang kompetensi peneliti kuantitatif dan kualitatif di bidang pendidikan.

Kompetensi Peneliti Kuantitatif 

Peneliti kuantitatif yang baik memiliki kemampuan seperti dibawah ini, yaitu: 
a. Memahami wawasan yang luas dan mendalam tentang bidang pendidikan yang akan diteliti.
b. Mampu melakukan analisis masalah secara akurat, sehingga dapat ditemukan masalah penelitian pendidikan yang betul-betul masalah.
c. Mampu menggunakan teori pendidikan yang tepat sehingga dapat digunakan untuk memperjelas masalah yang diteliti, dan merumuskan hipotesis penelitian.
d. Memahami berbagai jenis penelitian kuantitatif, seperti metode survey, eksperimen, action research, exposi research, expost facto, evaluasi dan R & B.
e. Memahami teknik-teknik sampliing, mampu menghitung, memilih jumlah sampel yang representatif dengan sampling eror tertentu.
f. Mampu menyusun instrumen test maupun nontest untuk mengukur dan menguji variabel yang diteliti.
g. Mampu mengumpulkan data melalui angket atau wawancara.
h. Mampu menyajikan data, menganalisis data secara kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis penelitian
i. Mampu memberikan interpretasi terhadap data hasil penelitian maupun hasil uji hipotesis.
j. Mampu membuat laporan secara sistematis.
k. Mampu membuat abstraksi hasil penelitian.
l. Mampu mengkomunikasikan hasil peneliitian kepada orang banyak.

Kompetensi Peneliti Kualitatif

Kompetensi Peneliti Kualitatif yang baik memiliki kemampuan seperti dibawah ini, yaitu: 
a. Memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang bidang pendidikan yang akan diteliti.
b. Mampu membangun hubungan yang akrab dengan situasi sosial yang diteliti.
c. Memiliki kepekaan untuk melihat setiap gejala yang ada pada situasi sosial.
d. Mampu menggali sumber data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam secara trianggulasi, serta sumber-sumber lain.
e. Mampu menganalisis data kualitatif secara  induktif berkesinambungan.
f. Mampu menguji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferbilitas hasil penelitian.
g. Mampu menghasilkan temuan pengetahuan, mengkonstruksi fenomena, dan ilmu baru.
i. Mampu membuat laporan secara sistematis.
j. Mampu membuat abstraksi hasil penelitian.
k. Mampu mengkomunikasikan hasil peneliitian kepada orang banyak.


Nah, itulah kompetensi-kompetensi yang dimiliki peneliti kuantitatif dan kualitatif. Anda cenderung memiliki kemampuan yang mana? Mari tingkatkan mutu pendidikan Indonesia dengan melakukan penelitian yang berkualitas. Semoga informasi ini bisa menjadi pertimbangan anda memilih jenis penelitian. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami.



Sumber:
Sugiyono. 2012. Metode Pendidikan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung : Penerbit Alfabeta. halaman 40 - 41.