Tuesday 14 April 2015

Macam-macam Skala Pengukuran Pada Penelitian Kuantitatif

Instrumen digunakan peneliti dalam penelitian kuantitatif untuk mengumpulkan data. Instrumen digunakan untuk mengukur variabel yang diteliti. Jumlah instrumen penelitian sebanyak jumlah variabel yang akan diteliti. Instrumen yang dibuat tujuannya adalah untuk mengukur data yang terkumpul, maka setiap instrumen yang digunakan peneliti harus mempunyai skala. Ada bermacam-macam skala yang digunakan dalam instrumen penelitian kuantitatif, yaitu: Skala Likert, Skala Guttman, Semantic Defferential, Skala Rating.

Skala Likert

Digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomena sosial. Dalam skala likert, variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Indikator dijadikan titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan. Jawaban setiap item instrumen memiliki gradiasi dari sangat positif sampai sangat negatif yang berupa kata-kata antara lain. sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, sangat tidak setuju; atau selalu, sering, kadang-kadang, tidak pernah. Untuk keperluan analisis kuantitatif, jawaban dari pertanyaan atau pernyataan diberi skor, misalnya: sangat setuju skornya 5, setuju skornya 4, ragu-ragu skornya 3, tidak setuju skornya 2, sangat tidak setuju skornya 1. Instrumen dengan model ini dibuat dalam bentuk check list atau pilihan ganda.

Skala Guttman

Peneliti yang menggunakan skala ini akan mendapatkan jawaban yang tegas yaitu ya atau tidak; benar atau salah; pernah atau tidak pernah; positif atau negatif. Skala Guttman dapat dibuat dalam bentuk checklist atau pilihan ganda dengan menggunakan skor 0 untuk tidak setuju dan 1 untuk setuju. 

Semantic Defferential

Skala ini dikembangkan oleh Osgood. Skala ini digunakan untuk mengukur sikap namun bentuknya tidak berupa pilihan ganda atau checklist. Bentuknya tersusun dalam satu garis kontinum. Letak jawaban yang positif berada di sebelah kanan garis dan jawaban yang sangat negatif letaknya ada disebelah kiri garis; atau susunannya dapat dibalik yang penting konsisten dari bagian awal sampai akhir. Skor jawaban ada lima seperti yang ada pada skala likert misalnya:  sangat setuju skornya 5, setuju skornya 4, ragu-ragu skornya 3, tidak setuju skornya 2, sangat tidak setuju skornya 1.

Rating Scale

Instrumen yang menggunakan skala ini menyediakan jawaban kuantitatif bagi responden. Skala ini sangat berbeda dengan ketiga skala di atas yang menggunakan jawaban kualitatif. Oleh karena itu, rating scale lebih fleksibel untuk digunakan, tidak terbatas pada pengukuran sikap saja tetapi dapat mengukur status sosial ekonomi, kelembagaan, pengetahuan, kemampuan, proses kegiatan, dan lain-lain. Hal yang harus diperhatikan bagi peneliti yang menggunakan instrumen ini adalah peneliti harus dapat mengartikan setiap angka yang diberikan pada alternatif jawaban pada setiap item instrumen.

Itulah empat macam skala instrumen yang digunakan pada penelitian kuantitatif. Anda dapat memilih model skala sesuai dengan variabel yang akan diteliti.



sumber:
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian  Pendidkan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal. 133 - 146